Lima kesalahan terbesar yang dilakukan para pengusaha, dan akhirnya bangkrut dech…

 photo sb1m banner_zpseb0xazpt.gif
 
 photo importir china ratakan banner_zpsdjcakz1a.gif
Banyak orang yang mau punya usaha atau bisnis, untuk dapat kebebasan finansial maupun berbagai tujuan lainnya. Akan tetapi banyak orang yang melakukan kesalahan, terutama pengusaha baru. Apa sich lima kesalahan terbesar yang dilakukan para pengusaha yang bikin usaha bangkrut? Apa yang perlu dilakukan untuk menghindarinya?

  1. Berharap langsung sukses

Bisnis kamu baru jalan, mau langsung besar? Mimpi kali yach. Semua butuh proses guys. Kalau kamu berharap seperti mimpi kamu, bersiaplah buat kecewa.

Pede itu harus, kudu, musti untuk mencapai kesuksesan, namun jangan kita berharap hasil yang instant tanpa proses terlebih dahulu.

Untuk menjalankan bisnis kamu juga harus realistis terhadap ekspektasi dan berusaha keras dalam menjalankan prosesnya dengan berjuta – juta sabar. Inilah salah satu dari alasan mengapa banyak bisnis yang jatuh berguguran dengan cepatnya, karena pemilik bisnis ingin mendapatkan uang dengan cepat begitu bisnis mereka dibuka.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk realisitis terhadap skenario terburuk, yaitu omzet kurang dari pengeluaran di awal – awal mulai bisnis yach.

 

  1. Uang adalah yang terutama, passion no ke ….. sekian

Kamu gak suka bisnis dan gak suka bidang yang kamu pilih untuk nantinya dibesarkan di kemudian hari, maka jangan kamu bermimpi untuk sukses. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan pengusahan salah satunya adalah mengesampingkan passion mereka, dan membuat bisnis yang lain jauh dari passionnya.

Jika kamu hobby nulis, kamu bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi dengan menjadi pakar di bidang kamu. Setelah itu uang akan mengikuti kamu secara otomatis. Kan enak kalo kita dicari uang daripada nyari uang,iya gak?

Jangan pernah alih profesi atau bidang bisnis hanya karena melihat suatu produk dari nilainya. Contoh kamu alih profesi jadi pengusaha kopi luwak hanya karena kopi luwak adalah kopi termahal.

Jangan berpikir hanya karena punya banyak duit semuanya gampang. Percayalah itu gak akan membuat kita nyaman dan puas dibandingkan kamu mencapai sebuah prestasi yang besar di bidang yang kita sukai.

 

  1. Mencoba lakukan semuanya sendiri

Sebagai pengusaha jangan kamu mencoba untuk melakukan semuanya sendiri, tapi kamu harus bisa belajar untuk mendelegasikan tugas – tugas yang ada. Kamu mau hemat trus lakukan semua sendiri, siap – siap aja kegagalan di depan mata.

Kamu harus tau caranya outsource. Sepenting apapun tugas, kamu harus bisa mendelegasikannya kepada orang lain dan kamu melakukan hal yang jauh lebih penting.

Jangan kamu melakukan semua sendiri seperti layaknya doraemon yang bisa lakukan segala hal. Semua itu akan membuat kamu teralihkan dari hal – hal yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari kamu.

 

  1. Adaptasi??? No way….

Zaman pastinya sudah berubah. Teknologi aja berkembang dengan pesatnya. Kamu gak mau beradaptasi, pastinya ketinggalan zaman dech. Kalo kamu tetap ngotot gak mau berubah, so jangan harap kamu berhasil yach.

Janganlah menutup diri dengan hal yang baru. Kita harus terus berinovasi dan bersiap dalam menghadapi segala perubahan.

  1. Bodo amat sama medsos
    Industri tradisional sering kali merasa tidak membutuhkan internet. Percayalah apapun bisnis kamu, kamu butuh internet. Kenapa? Karena pelanggan kamu juga banyak yang pakai internet. Kita ini hidup di era modern dimana teknologi dan informasi berkembang dengan pesatnya, jadi internet sudah menjadi hal yang wajib dan kita harus memanfaatkan itu. Apalagi jika terbukti efektif, bukan?

Yuk belajar dari hal – hal di atas, dan pastiin kita gak lakukan lima kesalahan terbesar yang dilakukan para pengusaha yang bikin usaha bangkrut.
Semoga bermanfaat yach….
 
 
Artikel lainnya : Ayam kriwil, resto cozy di daerah Rawamangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live chat
Line chat
Telegram chat
Whatsapp chat