Tips cara diskusi dengan orang tua seputar anggaran pernikahan

Zaman sekarang sudah banyak pasangan calon pengantin yang berusia produktif sudah dapat membiayai pernikahannya sendiri. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada pasangan yang masih membutuhkan bantuan finansial dari orang tua mereka. Untuk meminta bantuan secara finansial ini harus smart karena salah sedikit aja bisa berantakan semua. Tau sendiri khan yang namanya duit itu sensitif banget. Nah ini tips cara diskusi dengan orang tua seputar anggaran pernikahan supaya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Bicarakan dengan pasangan gaya pernikahan yang diinginkan seperti apa sebelum membahas hal lainnya. Hal ini harus dibicarakan dengan serius. Seperti pernikahan ingin dilakukan di hotel, gedung, taman, atau pantai. Bukan hanya itu saja, banyak hal lain juga yang harus dibicarakan dengan detail seperti berapa banyak tamu yang akan di undang. Hal ini dapat membantu menentukan berapa besar jumlah biaya pernikahan. Mulailah melakukan riset berapa biaya yang dibutuhkan untuk melangsungkan pernikahan. Riset ini dapat dilakukan misalnya dengan datang ke pameran pernikahan, ikut di dalam diskusi pernikahan di website pernikahan seperti weddingku, melihat harga di website pernikahan seperti weddingku, dan lain sebagainya.
  2. Bicarakan dengan pasangan kamu seberapa besar kalian dapat berkontribusi untuk biaya tersebut, sebelum membicarakan dengan orang tua kalian. Pastikan dana yang kalian sepakati untuk dikeluarkan sebelum meminta bantuan ke orang tua. Jangan lupa check tabungan yach udah cukup belum… Yang terpenting jangan mengandalkan pembiayaan ke orang tua walaupun mereka ingin membantu membiayai pernikahan kalian.
  3. Jangan kalian menjanjikan apapun sebelum tau berapa besar anggaran yang akan kalian keluarkan untuk pernikahan. Jangan ngarang untuk besar biaya yang kalian keluarkan atau orang tua keluarkan, kalau kalian tak ingin berakhir fatal
  4. Ayoo ajak orang tua kalian berdiskusi masalah anggaran tersebut. Janganlah mengagetkan orang tua dengan pembicaraan yang mendadak mengenai masalah anggaran biaya pernikahan. Beritahukan jauh – jauh hari ke orang tua, agar mereka punya waktu untuk bersiap sebelum akhirnya berdiskusi. Jangan lupa untuk orang tua yang sudah bercerai juga harus diberitahu yach…
  5. Saat mengajak orang tua berdiskusi, biarkan orang tua kalian dapat memahami ide kalian tentang pernikahan yang kalian inginkan. Jelaskan dengan detail kepada mereka tentang ide pernikahan kalian, dan berapa besar yang kalian dapat keluarkan untuk berkontribusi. Jika orang tua bertanya lebih dahulu untuk mereka dapat berkontribusi, jelaskan dengan angka pasti.
  6. Pastikan kalian mengerti harapan orang tua sebelum mengharapkan bantuan mereka, khususnya dalam anggaran pernikahan kalian. Beberapa orang tua juga ada yang kepo, mereka ingin mengatur pernikahan anaknya secara keseluruhan. Tapi ada juga yang ingin mengatur sebagian saja. Kenyamanan kamu dan pasangan akan permintaan orang tua juga sangatlah penting.
  7. Semakin besar tak semakin baik. Jangan kecewa setelah membicarakan dengan orang tua, ternyata dana yang mereka berikan tidak seperti yang kalian harapkan. Mungkin kalian harus menyederhanakan impian pesta pernikahan kalian. Pesta pernikahan yang sederhana terkadang menuntut kita lebih kreatif loch.

Berdiskusi dengan orang tua tentang rencana pernikahan kalian, tentunya akan membuat segalanya akan terasa lebih mudah. Begitu juga dengan mendiskusikan tentang anggaran pernikahan bersama dengan orang tua, akan dapat membuat persiapan pernikahan lebih tenang. Semoga tips cara diskusi dengan orang tua seputar anggaran pernikahan ini bermanfaat ya…

 

 

Tips pernikahan lainnya : Mau Wedding punggung jerawatan, stop dengan cara ini
hotelscombined_banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live chat
Line chat
Telegram chat
Whatsapp chat