Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor

Beberapa waktu yang lalu terdengar adanya persyaratan tabungan dalam pembuatan paspor, dimana pemohon disyaratkan untuk memiliki tabungan sebesar Rp. 25.000.000,-. Akan tetapi kemudian Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor.
 photo jilbab banner_zps7ryegj8w.gif               photo bloop2_zps3g15geay.gif
Mengutip dari Kompas.com tentang pembatalan kepemilikan tabungan untuk pembuatan paspor oleh Kementerian Hukum dan HAM yang disampaikan oleh Direktur Jendral Imigrasi Agung Sampurno, untuk menanggapi aspirasi masyarakat yang masih banyak merasa keberatan dengan kebijakan yang diterapkan tersebut. Kebijakan dimana pemohon disyaratkan memiliki tabungan sebesar Rp. 25.000.000,- . Hal ini diketahui setelah melalui peninjauan oleh pihak intelijen.

Aturan tersebut pada dasarnya ditujukan bagi  orang – orang yang di indikasi sebagai tenaga kerja ilegal. Dengan dibatalkannya persyaratan tentang kepemilikan tabungan tersebut, maka pihak imigrasi akan memperketat proses administrasi dalam pembuatan paspor.

Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor

Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor

Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor

Selain dengan melampirkan persyaratan umum seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir / Ijazah, setiap WNI yang akan membuat paspor  untuk bekerja di luar negeri wajib melampirkan Surat Rekomendasi Paspor yang diterbitkan oleh Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten / Kota. Syarat lainnya adalah melampirkan surat yang menyatakan telah melakukan pemeriksaan di Sarana Kesehatan (SARKES) yang di tentukan oleh Kementerian Kesehatan.  Pihak Imigrasi juga tak lupa untuk tetap memperketat dalam proses wawancara, yang mana petugas akan memperhatikan karakteristik pemohon seperti profiling, gestur atau body language pemohon.

Hal ini ditujukan  untuk mengurangi  tenaga kerja ilegal, yang mana kasusnya seringkali mengajukan paspor  dengan alasan wisata, magang, kunjungan wisata, ziarah, umroh, dan sebagainya.

Semoga artikel tentang Kemenkumham membatalkan syarat tabungan Rp. 25 Juta untuk buat paspor ini bermanfaat.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2017/03/20/13404861/kemenkumham.batalkan.syarat.tabungan.rp.25.juta.untuk.buat.paspor 

 

 

Yuk baca info menarik lainnya : Keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live chat
Line chat
Telegram chat
Whatsapp chat