Keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online

Untuk kamu – kamu yang doyan belanja barang dari luar negeri atau impor barang untuk bisnis online, ada berita baik untuk kamu nih. Bea Cukai keluarin aturan baru tentang impor barang. Apa sih keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online? Yuk kita bahas bareng.
 photo sb1m banner_zpseb0xazpt.gif

KL Bukit bintang banner
home banner
Bea Cukai keluarin Perdirjen No. PER-2/BC/2017, yang memperkuat Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman. Poin – poin penting diantaranya :

  1. Barang kiriman (impor) sekarang diberikan pembebasan bea masuk untuk barang kiriman dengan nilai barang kiriman di bawah USD 100 untuk setiap penerima barang per pengiriman. Sebelumnya pembebasan bea masuk ini berlaku untuk nilai barang USD 50.
  2. Seluruh nilai barang kiriman akan dikenakan bea masuk dan pajak impor kalau melebihi USD 100.
  3. Penerima barang diberi keleluasan untuk memilih apabila nilai barang kiriman melebihi USD 100, apakah akan menggunakan dokumen pengiriman barang (Consignment Note / CN) dengan dikenakan tarif 7.5% atau menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK) untuk non badan usaha dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) untuk badan usaha dengan dikenakan tarif sesuai jenis barang oleh petugas Bea Cukai.
  4. Untuk barang kiriman dengan nilai barang kiriman di atas USD 1.500, penerima barang harus menggunakan dokumen PIBK atau PIB

Poin pertama jelas menguntungkan penggiat bisnis online, karena bisa impor barang dengan nilai barang kiriman di bawah USD 100 dan mendapatkan pembebasan bea masuk. Akan tetapi poin kedua bisa merugikan, karena seluruh nilai barang kiriman akan dikenakan bea masuk dan pajak impor. Sebagai contoh, misal kita impor barang senilai USD 500. Saat kita diberikan pembebasan bea masuk untuk nilai barang kiriman di bawah USD 50, nilai barang kiriman yang terkena bea masuk dan pajak impor sebesar USD 450. Akan tetapi dengan pembebasan bea masuk untuk nilai barang kiriman di bawah USD 100 sesuai dengan Perdirjen No. PER-2/BC/2017, nilai barang kiriman yang terkena bea masuk dan pajak impor sebesar USD 500.

Sedangkan untuk poin ketiga bisa kita gunakan juga loch. Kalo tarif untuk jenis barang yang kita impor misalnya 10%, kita bisa pakai CN dengan tarif 7.5%. Tapi kalo tarifnya cuma 5%, mending pakai PIBK atau PIB.

Poin ke-empat tidak jauh beda dengan sebelumnya, cuma batasnya yang beda. Sekarang berlaku untuk barang kiriman dengan nilai barang kiriman di atas USD 1.500.

keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online

keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online

keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online

Pastiin kita tahu keuntungan dan kerugian aturan baru Bea Cukai tentang impor barang bagi penggiat bisnis online, jadi bisa bermanfaat untuk bisnis online kamu atau untuk belanja online kamu yach…

sumber : http://beacukai.go.id/berita/aturan-baru-impor-barang-kiriman-bea-cukai-untungkan-penggiat-ecommerce.html

 

Info menarik lainnya : Apa sich solusi karier yang sudah mentok?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live chat
Line chat
Telegram chat
Whatsapp chat