Lima kesalahan dari CV dan lamaran kerja yang bikin HRD males

 photo sb1m banner_zpseb0xazpt.gif

Kamu baru lulus atau punya pengalaman segudang? Sudah melamar kerja ke berbagai perusahaan tapi belum juga ada panggilan interview? Pasti bikin hopeless khan. Kenapa yach kok bisa ga ada yang tertarik sama CV saya? Sebuah perusahaan pasti memiliki HRD, dimana saat merekut pekerja secara otomatis emailnya akan dibanjiri sama CV para pencari kerja, baik yang junior maupun yang senior. Namun tak menutup kemungkinan ada hal – hal kecil yang membuat HRD tersebut males sehingga ia mengacuhkan dan tidak menghubungi kamu. Mau tau apa aja itu??? Lima kesalahan dari CV (curriculum Vitae) dan lamaran kerja yang bikin HRD males yang dampaknya wow terhadap lamaran kerja kamu.

  1. Tidak menuliskan subject di email sesuai dengan format yang diberikan

Kamu mungkin pernah melamar untuk suatu pekerjaan, dimana untuk posisi tertentu ditulisan kode posisinya. Mungkin kamu terburu – buru dalam penulisan, sehingga melupakan hal ini. Kesalahan ini membuat HRD malas membaca lamaran dan CV kamu, karena lamaran kamu menjadi tidak jelas dan spesifik untuk posisi yang kamu lamar.

  1. Menggunakan beberapa type font & ukuran font untuk CV terlalu kecil

Kreatif sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Perusahaan juga perlu memiliki kreatifitas. Tapi jangan lebay donx. Dalam surat lamaran penggunaan font yang berbeda maximum 2 yach. Hal ini bertujuan supaya CV kamu jangan terlihat seperti kekanak – kanakan. Pastikan juga untuk CV ukuran font sangat berpengaruh. Kalau terlalu kecil dan rapat, pastinya sebelum baca udah males duluan.

  1. Terlalu banyak jumlah halaman untuk CV

Ini bisanya terjadi untuk kamu – kamu yang udah punya segudang pengalaman dalam bekerja, tapi kamu harus bisa memilah dan menjadikan CV kamu jauh lebih kreatif dalam menyampaikan informasi tentang dirimu, tanpa harus berlembar – lembar. Untuk CV pastikan maximum hanya 2 lembar yach

  1. Tidak menulis apapun di badan email

Subjectnya udah bener, CV sudah dilampirkan, tapi badan email kosong??? Hal ini tentunya akan membuat HRD merasa sangat tidak dihargai. Hal ini sama saja seperti kamu menuliskan surat kaleng. Jadi mulai sekarang hindari yach dan pastikan kamu isi badan e-mailnya. Di badan e-mail kamu bisa isi tentang pengalaman kamu, kelebihan kamu, dan lain sebagainya

  1. Memiliki banyak kesalahan dalam penulisan

Jika saat melihat lamaran kerja dan CV kamu punya banyak kesalahan dalam penulisan, bukan saja kamu di nilai tak kompeten tapi kamu juga akan di nilai terburu – buru dalam menuliskan lamaran dan terkesan tidak serius dalam melamar. Jadi mulai sekarang coba check lamaran dan CV kamu lebih teliti lagi yach. Pastikan kamu gak melakukan kesalahan – kesalahan di atas, jadi kesempatan kamu untuk dipanggil untuk interview jadi lebih besar.

Lima hal di atas merupakan hal – hal sepele yang sering kali kita lakukan dalam mencari kerja, dan seringkali juga kita anggap remeh. Jika kamu termasuk salah satunya, yuks mulai sekarang lebih diperhatikan lagi sehingga lima kesalahan dari CV (curriculum Vitae) dan lamaran kerja yang bikin HRD males seperti dibahas di atas tidak kita lakukan. Hargailah perusahaan yang kamu lamar dengan mengirimkan CV dengan baik yang sesuai dengan permintaan mereka. Hal ini akan membuat kamu memiliki nilai tambah yang lebih dibanding dengan pelamar lainnya.

 

Buat yang lagi cari kerja tetap semangat yach…

 

Sumber : http://trivia.id/post/cv-dan-lamaran-kerja-yang-bikin-males-para-hrd-cek

 

 

Artikel lainnya : e-KTP kamu gak jadi – jadi? Yuk gunakan cara ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live chat
Line chat
Telegram chat
Whatsapp chat